Google+

Chapter 1: Awal Masuk Kuliah

Tinggalkan komentar

From Hero To Zero To Hero Again -Chapter 1-By: Fajri Zufa @Ayjiie 273FA306

Hey Guyz, kenalkan nama gue Ajie, nama lengkap gue Fajri Zufa. Gue merupakan seorang pemuda asal Sumatera, darah Padang mengalir di tubuh gue.

Gue tuh orangnya keren abis dahh !! Pertama, gue pakai kacamata kayak aktor-aktor action Hollywood. Kedua, rambut gue belah pinggir kayak aktor-aktor film korea, dan yang terakhir..hmm, gue suka nonton film-film hollywood dan korea.

Tapi kata orang gue tu culun, lebay, dan “KEPO”…hmm, sampai saat ini gue blom tahu apa itu arti KEPO yang sebenarnya! Gue pernah nanya nih sama mbah Google, akhirnya gue artikan KEPO itu adalah “rasa ingin tahu terhadap masalah orang lain yang bisa bikin si orang itu penasaran jika tidak dikasi tahu”…Bener gak yaa?? Soalnya, gue cari di kamus besar bahasa Indonesia, kata KEPO belum ada tuu..Btw, tetap aja pokoknya Gue tu orangnya keren, tapi sayang gak ada yang tahu..

Okee, Lu pada masih penasaran sama tampang gue?? KEPO luu yaaa, hahaa…

Gini-gini, bagi yang suka nonton film Hollywood, gue tu mirip sama Taylor Lautner (Kalo rambut gue lagi Mohawk), dan bagi yang suka nonton film korea, gue tu mirip Lee Seung Gi (Kalo rambut gue lagi belah pinggir)..

Eit-eit, dikasih tau, kok malah protes semuaa….

Okee, baiklah gak usah terlalu membahas tampang gue, tapi mari kita simak kisah hidup gue. Kisah ini dimulai dari kata KULIAH…

KULIAH, merupakan suatu hal yang kita lakukan setelah kita menamatkan pendidikan di Sekolah Menengah Atas (SMA). KULIAH ini bukan merupakan suatu kewajiban tetapi merupakan suatu pilihan. Ketika seseorang tamat SMA/ SMK, dia bisa memilih, apakah dia harus KULIAH, kerja, …hmm, atau nikah ???

Karena gue blom kerja dan nikah, mari kita bahas tentang KULIAH..(Kan udah lu bilang tadi Jie !!)

KULIAH, apa sih alasan orang itu KULIAH?? Orang itu kuliah banyak sekali alasannya, ada yang pengen nambah ilmu, ada yang tuntutan profesi, ada yang disuruh orang tua, ada yang mau cari pacar, ada yang mau ikut organisasi, ada yang untuk status KTP, dan ada juga yang untuk mendapatkan IJAZAH ! …(Yaa, jelas atuh Jie !)

Kalo Gue ? Hmm, Gue kuliah yaa karena temen-temen gue kuliah, buat nambah ilmu lah..Trus kenapa gue pilih STATISTIKA?? Gue tu masuk Statistika, gara-gara gue baca koran BOLA,..kan ada tuu di info pertandingan kata-kata STATISTIK PERTANDINGAN..Karena gue suka sekali yang namanya Sepak Bola, gue kira Statistika itu Ilmu yang mempelajari peluang tim mana yang akan memenangkan pertandingan…So, gue pilih STATISTIKA…

Hmm, dan setelah kuliah gue rasa itu salah, yang lebih tepat STATISTIKA itu adalah ilmu/ alat yang digunakan untuk menentukan suatu keputusan, baik di Sepak bola, Ekonomi, kehidupan di Indonesia, bahkan kehidupan di Dunia.

Trus kenapa Gue belom TAMAT juga kuliahnya??? Yaa, karena gue blom mengambil keputusan buat tamatin kuliah…

Okee, Selanjutnya gue akan masuk ke cerita pertama-tama gue jadi MAHASISWA….Yaa, walaupun sekarang juga gue masih statusnya MAHASISWA..

Awal menjadi seorang Mahasiswa itu memang menyenangkan, gue bisa pake pakaian bebas (Syaratnya bajunya berkerah dan celananya panjang), mencari kenalan sebanyak-banyaknya (Gak tahu mana yang senior atau setingkat), dan tentu saja menerima ilmu-ilmu baru di bidang Statistika (Awalnya, yang gue tahu Statistika tu hanya seputar Mean, Median, dan Modus).

Dari semua hal itu, yang paling sulit banget buat gue…adalah kenalan sama calon teman-teman,…iYaa, gue tu pemalu banget jadi orang..Kalo cowok sih, gue masih berani..Nah, kalo cewek, iniii…iniii yang bisa buat gue takut setengah mati…Makanya, rata-rata gue kenal sama temen cewek, itu pasti ceweknya duluan yg ngajak kenalan…Kalo gue duluan, itu memang karena keadaan, gue lagi butuh bantuan tu cewek..yaa, buat tugas atau nolongin sesuatu, atau tuntutan senioritas…

Manaa temen-temen cewek Gue??…Coba pikir, siapa yg ngajak kenalan duluan ! hahaaa…

Trus, di awal kuliah ini, gue juga gak menemukan pelajaran PPKN dan AGAMA…Beneer, di SMA seharusnya juga gak adaa nie pelajaran, cukup waktu SD dan SMP aja..PPKN tu seharusnya di ajarkan oleh Guru atau Orang tua secara langsung di kehidupan waktu SMA, kalo AGAMA seharusnya dipelajari setiap hari di tempat ibadah masing-masing agama,..kayak Gue ni..Waktu SD, gue belajar ngaji tiap abis maghrib di Musholla Al-Ikhlas..Waktu SMP, gue belajar tahfiz dan tilawah di Yayasan Mahad Rabbani..Waktu SMA, Alhamdulillah gue dah bisa ngaji, ilmu-ilmu agama gue pelajari lewat buku, ceramah, dan forum-forum kajian..Begitu pun waktu KULIAH ini..

Trus, di awal kuliah, biasanya kita diharuskan masuk Organisasi Mahasiswa…Yaa, gue gak mau repot-repot, gue pilih aja yang ruang lingkupnya paling sedikit, Organisasi Jurusan HIMAMASTER (Himpunan Mahasiswa Matematika, Statistika, dan Ilmu Komputer), jabatannya sebagai Anggota, hehee…

Padahal dari SD, gue tuu selalu masuk di Organisasi Olahraga…Waktu SD, gue masuk organisasi sepak bola, BOCAH SALAK SD N 51 PADANG…Lumayan sih prestasinya, dapat mengalahkan SD dari Jalan Pepaya, Manggis, dan Mangga..Gue sama temen gue, si Yudi, sempat kepilih masuk tim All-Star, yang mewakili SD dari kecamatan Kuranji Padang..Hmm, tapi waktu seleksi 23 orang, gue ter-eliminasi,…Akuu Puulang ke rumah Mak Wo, haahaa…

Waktu SMP, gue masuk organisasi Bola Voli SMP N 1 BENGKULU..Jabatan gue, sebagai Toser a.k.a “Si Nomor 4”..Prestasi nya juga lumayan, bisa jadi runner-up Piala Sudirman yang diikuti semua SMP dari Provinsi Bengkulu..Secaraa, Tim Voli SMP N 1 BENGKULU belum pernah juara di Piala Sudirman sebelumnya..Kita kalah, gara-gara lawan kita itu kayak “bapak-bapak” semua, badannya gede dan berotot semuaa, haaha…

Waktu SMA, gue sempet masuk organisasi Bola Voli juga, tapi gara-gara minus mata gue nambah, gue berhenti main Voli, dan gue lebih memilih masuk organisasi Badminton SMA N 2 BENGKULU.. Prestasi gue? Gak adaa, Cuma keahlian gue bermain TEPOK BULU semakin lihai ajaa, gue banyak bertemu dan melihat permainan atlet-atlet Badminton BENGKULU,..Salah satunya temen gue, Bjenza Metra…Gak tau, masih main badminton gak tu anak ??

Nah, waktu kuliah gue mau sih masuk organisasi olahraga juga,..tapi, kosan gue jauh dari kampus, dan gue juga masih naek angkot tuu semester 1…Gue ngekos di Jalan Tirto Utomo gang 4 No.20 …dari kosan tuu harus jalan dulu ke terminal Landung Sari, baru trus naek angkot GL ato ADL ke UNIVERSITAS BRAWIJAYA…Kosan gue tu deket UMM, tapi gue kuliah di UB,..siapa yg salah cobaa?? Abang gue lah, secaraa dia kan gak mau pisah sama adeknya,..Yoi, abang gue waktu itu masih kuliah di UMM, sekarang sih dah S2 di UGM..

Waktu KULIAH, sebenarnya gue pengen masuk ke organisasi menulis gitu..Gak tahu kenapa, ketika kuliah..gue suka banget nulis dan juga baca blog-blog orang atau tulisan-tulisan di situs-situs detik, yahoo, kompas, dll…Gue lebih melankolis ketika kuliah inii, padahal emang gituu dari lahir, hahaa..

Tapi, yang gue bingung…Hmm, walaupun gue suka nulis…Kok skripsi gue blom kelar-kelar yaa?? Yaa itulah, karena yang ditulis bukan huruf, tapi angka-angka dan koding-koding yang blom tau gmana cara ngeluarinnya,..tenang-tenang, gue buat nie cerita, juga sambil menyelesaikan nie skripsi…Semoga, cepet selesai dan doakan gue MOOD yaa temen-temen !!

Trus, di awal kuliah,..Gue juga sempat bingung dengan materi-materi kuliahnya, makanya IP gue cma 3,08 di semester awal ini…Wajaar lah, ilmunya itu baru2 semua bagi gue. Cuma BIOLOGI, FISIKA, KIMIA, dan BAHASA INGGRIS yang pernah gue pelajari di SMA. Statistikanya dimana? Statistikanya Cuma 3 mata kuliah, tapi 3 mata kuliah nie 2 mata kuliah nilainya C+, dan salah satunya MATEMATIKA DASAR…

Padahal waktu SD sampai SMA nilai raport Matematika gue seputar 8 dan 9..Nilai Ujian Akhir Nasional gue juga Lumayan buat Matematika…Waktu SD, nilai UAN Matematika gue 10, waktu SMP juga 10, waktu SMA cuma 8,5…Dari semua mata kuliah yang udah gue ambil saat sekarang nie, Cuma ada 4 mata kuliah nilai C+, 2 mata kuliahnya adalah Matematika, MATEMATIKA DASAR dan MATEMATIKA 2.

Kata Orang sih, “Kalo tidak suka dosennya senangi mata kuliahnya, dan kalo tidak senang mata kuliahnya senangi dosennya.”  Nah, yang gue temuin agak sedikit aneh..Gue gak seneng mata kuliahnya, dan dosennya juga nyebelin, eh nilai gue A..Gue seneng mata kuliahnya, dan gue seneng dosennya, nilai gue malah C+…Salahnya dimana cobaa??

Trus, awal masuk kuliah juga kita pasti ada sedikit bangga, apalagi yang masuk negeri dan terkenal..Hai Bro, “Gue masuk UI ne!”, “Gue masuk STAN ne!!”, atau “Gue masuk UGM ne!!!”…Yang diterima di Universitas negeri tapi cuma di daerahnya masing-masing, lebih pengen masuk Universitas Swasta di luar daerah…Ada tuu, temen gue..dengan bangga ngomong, “Hai Bro, gue sekarang di Jogja nee, kuliah..,” setelah gue cari tau ternyata dia swasta..Ini semua demi yang namanya GENGSI…

Namun, setelah gue kuliah, gue akhirnya sadar..kuliah itu bukan tergantung Universitasnya negeri atau swasta, terkenal atau tidaknya, pulau Jawa atau pulau Sumatera, dll…Kuliah itu tergantung pribadinya dan lingkungannya,..iYaa, tergantung mahasiswa itu sendiri dan siapa teman-temannya,..Kalo baek ya jadi baek, kalo jahat ya jadi jahat..Yupz, manusia di muka bumi Cuma dua jenis itu, manusia BAIK atau manusia JAHAT…Tidak ada yang namanya MANUSIA BODOH, itu mah cuma lagunya ADA Band ajaa,,,Hehee

Trus yang terakhir, ketika awal masuk kuliah yang paling gue gak sanggup menjalaninya adalah jauh dari orang tua dan saudara-saudara..Gue memang bukan anak manja dan bukan seseorang yang ingin dimanja,..dari kecil gue gak pernah minta ini-itu sama orang tua gue, tapi ketika jauh dari orang tua..Gue ngerasa banget, pentingnya orang tua dalam hidup gue..Gue merupakan orang yang gak bisa sendiri, gue akui gue adalah FOLLOWER yang selalu butuh PARTNER…Tapi, bukan sembarang partner, partner yang dapat mengerti gue apa adanya..Selalu ada partner dalam hidup gue ketika gue bisa meraih kesuksesan..

Mungkin, ada dari lo yang pernah menjadi PARTNER hidup bagi gue dalam meraih kesuksesan, gue mau ucapin terima kasih yang sangat besar..Semoga lu pada Sukses semua, dunia dan akhirat..

Sekarang gue belom jadi siapa-siapa, tapi gue bersyukur sudah bisa hidup dan kenal kalian semua teman-teman gue..temen-temen TK, SD, SMP, SMA, Kuliah, Organisasi, dan teman-teman dunia maya.. Terima kasih udah mau jadi temen gue.

Karena gue yakin dari temen-temen gue, gue bisa bertemu partner hidup yang akan menemani seumur hidup gue nantinya. Seperti kata Pak Habibie, “ Tak perlu seseorang yang sempurna..Cukup temukan orang yang selalu membuatmu bahagia, dan membuatmu berarti lebih dari siapa pun.”

-Sekian-

Masih penasaran sama tampang gue?? Nie gue kasih foto dah..

Fajri zufa

Segini aja dulu cerita gue, ntar kita sambung lagi ke Chapter 2..

Tunggu yaa,🙂

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Masukkan alamat surat elektronik Anda untuk mengikuti blog ini dan menerima pemberitahuan tentang tulisan baru melalui surat elektronik.

Bergabunglah dengan 1.852 pengikut lainnya

About Me


About gue??
Hmm, gue sering dibilangin kuper lah, pendiam lah, culun lah..terserah apa kata orang..
Gue ya gini,.cowok melankolis apa adanya..gue selalu berusaha untuk mempelajari sesuatu & berbuat yang terbaik untuk siapa saja, kapan saja, dan dimana saja..asal bisa nyenengin..

%d blogger menyukai ini: