Google+

Karya Terbaik John Lennon

Tinggalkan komentar

10 Desember 2013 oleh fajrizufa

John Lennon

Dari ratusan karya yang sudah ditulis oleh Lennon, lirik lagu Across the Universe menjadi salah satu karya terbaik yang pernah ia tulis. Menurutnya, kata-kata yang terkandung dari lagu pujian untuk alam semesta itu murni sebuah inspirasi yang diberikan kepadanya.

Ia mengaku mendapat inspirasi lirik “words are flowing out like endless rain into a paper cup” saat mendengar istri pertamanya, Cynthia, memberi semangat kepadanya untuk melakukan sesuatu. Kalimat tersebut seperti menghantui kepalanya dan akhirnya ia mulai menulis kelanjutan liriknya.

“Itu salah satu lirik terbaik yang pernah saya tulis. Bahkan bisa jadi ini adalah puisi yang terbaik,” ungkapnya. “Kesedihan, sukacita semua hanyut dalam pikiran saya.”

Lagu ini pertama kali muncul dalam album kompilasi amal seniman bertajuk No One’s Gonna Change Our World pada Desember 1969 dan kemudian ia tampil dengan format yang berbeda dalam album Let It Be yang dirilis Mei 1970. Album ini menjadi karya terakhir mereka sebelum The Beatles bubar.

Rasa lagu ini dipengaruhi oleh Transcendental Meditation, sebuah mantra meditasi yang sedang digemari oleh personil The Beatles pada akhir 1967 sampai awal 1968. Lennon menambahkan mantra Jai guru deva om pada reff yang mempunyai arti kemuliaan akan bersinar dan menuntas kegelapan.

Across the Universe sudah banyak didaur ulang oleh beberapa musisi seperti David Bowie untuk album Young Americans (1975). Di sini, Lennon ikut menyumbangkan suaranya sebagai backing vocal. Lalu ada juga Jim Sturgess yang menyanyikan lagu ini untuk soundtrack film drama romantis Across the Universe garapan Julie Taymor.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Masukkan alamat surat elektronik Anda untuk mengikuti blog ini dan menerima pemberitahuan tentang tulisan baru melalui surat elektronik.

Bergabunglah dengan 1.852 pengikut lainnya

About Me


About gue??
Hmm, gue sering dibilangin kuper lah, pendiam lah, culun lah..terserah apa kata orang..
Gue ya gini,.cowok melankolis apa adanya..gue selalu berusaha untuk mempelajari sesuatu & berbuat yang terbaik untuk siapa saja, kapan saja, dan dimana saja..asal bisa nyenengin..

%d blogger menyukai ini: