Google+

10 Aktivitas yang Menyehatkan

Tinggalkan komentar

21 Januari 2013 oleh fajrizufa

Anda tentu sudah banyak mengerti berbagai upaya yang harus dilakukan agar tetap sehat dan terhindar dari penyakit. Mulai dari mengonsumsi makanan sehat, mengurangi kebiasaan buruk seperti merokok dan mengonsumsi minuman beralkohol serta meningkatkan aktivitas fisik dengan cara berolahraga.

Berbagai penelitian terus dikembangkan guna mencari tahu apa yang harus dilakukan dan apa yang sebaiknya tidak dilakukan untuk menjaga tubuh tetap sehat dan bugar. Joyce Frye, DO, MSCE, seorang pakar kesehatan holistik di Center for Integrative Medicine, University of Maryland Medical School, membagikan 10 aktivitas cerdas yang dapat membuat tubuh Anda senantiasa sehat sepanjang hari.

  1. Makan Malam Dengan Keluarga
    Meskipun Anda dibebani dengan kesibukan, namun sempatkanlah untuk menjaga hubungan keluarga yang baik. Salah satunya melalui makan malam bersama. Terutama jika Anda memiliki anak usia sekolah, ini merupakan kesempatan untuk mengontrol asupan gizi dan memberikan pendidikan gizi yang baik sejak dini. Selain itu, kebersamaan dengan keluarga akan meredakan stres yang melanda Anda seharian.
  2. Latihan Pernafasan
    Duduklah dengan tubuh rileks. Tarik napas dalam-dalam dari perut Anda, lalu hembuskan udara sebanyak yang Anda mampu. Ini akan merelaksasikan otot-otot Anda. Fase menghembuskan nafas sebaiknya lebih lama dari mengambil nafas. Misalnya Anda menghirup udara dengan 4 hitungan, hembuskan nafas Anda selama 6 hitungan.
  3. Tertawa
    Tertawa lepas terbukti dapat mengurangi kadar hormon stres, kortisol dan epinefrin. Tertawa juga telah terbukti dapat meningkatkan jumlah sel-sel yang memproduksi antibodi dan meningkatkan efektivitas T-sel, sebuah komponen penting dari sistem kekebalan tubuh.
  4. Katakan ‘Sayang’
    Mengekspresikan perasaan sayang Anda pada orang lain adalah hal yang sangat bagus sebagai pelepasan emosi yang hebat. Dengan demikian, tekanan pada diri Anda akan berkurang sehingga baik secara fisiologis maupun psikologis, tubuh akan menjadi lebih sehat dan bugar.
  5. Stretching
    Peregangan akan meningkatkan fleksibilitas, dan fleksibilitas analog dengan homeostasis, yang merupakan cara tubuh memusatkan diri. Peningkatan fleksibilitas secara fisik akan meningkatkan fleksibilitas secara mental. Untuk itu, disarankan melakukan latihan peregangan pertama kali di pagi hari dan kemudian sepanjang hari, bahkan di tempat kerja.
  6. Ukur Lemak
    Ingin tahu apakah Anda perlu menurunkan beberapa kilogram dari berat badan Anda? Ukur kadar lemak tubuh Anda. Anda bisa coba tes sederhana dengan cara mencubit kulit di sekitar perut Anda. Jika ada lebih dari 2 cm timbunan lemak di antara kedua jari, itu artinya terlalu banyak. Kelebihan lemak di bagian perut menempatkan tekanan pada arteri ginjal dan menaikkan tekanan darah, juga meningkatkan resistensi insulin dan risiko diabetes. Dan untuk lebih akuratnya, Anda bisa ukur kadar lemak tubuh Anda menggunakan Body Fat Monitor.
  7. Parkir Mobil Anda dan Berjalanlah
    Kita bisa belajar banyak dari kebiasaan orang Eropa, banyak orang berjalan kaki di mana-mana. Tentu saja, ini tergantung di mana Anda tinggal. Namun, jika supermarket tidak terlalu jauh dari rumah Anda, cobalah tinggalkan mobil Anda di garasi dan berjalan kakilah ke sana. Berjalan kaki adalah latihan kardio hebat dan dapat membantu menurunkan berat badan dan meningkatkan kesehatan jantung Anda.
  8. Konsumsi Multivitamin dan Multimineral
    Pola makan kita sehari-hari seringkali kurang memenuhi kebutuhan vitamin dan mineral tubuh. Banyak faktor, mulai dari kurangnya mutu bahan makanan, hilangnya nutrisi akibat pengemasan, penyimpanan ataupun pengolahan, membuat mutivitamin dan mineral sangat perlu Anda konsumsi. Lengkapi asupan gizi Anda dengan mengonsumsi multivitamin dan multimineral yang bisa Anda dapatkan di sekitar Anda. Pastikan produk yang Anda konsumsi memiliki kualitas terbaik dan aman untuk digunakan.
  9. Jaga Kesehatan Gigi
    Bakteri di antara gigi dapat mengakibatkan penyakit gusi, yang pada gilirannya meningkatkan risiko penyakit jantung dan stroke. Studi juga telah menunjukkan hubungan yang sangat jelas antara radang dan penyakit sendi, dan penyakit periodontal merupakan sumber utama dari peradangan.
  10. Tidur Cukup
    Tidur yang cukup mendukung fungsi kekebalan tubuh, mempertajam fungsi otak, memperlambat proses penuaan, dan meningkatkan semangat Anda esok paginya. Jadi berapa banyak tidur yang Anda butuhkan? Anda akan tahu bahwa Anda mendapatkan tidur cukup jika Anda bisa bangun secara spontan tanpa jam alarm Anda.

Nah, semoga 10 tip di atas dapat membuat hidup Anda jauh lebih sehat dan bugar dari sebelumnya. Salam sehat.

 

Sumber: DuniaFitnes.com

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Masukkan alamat surat elektronik Anda untuk mengikuti blog ini dan menerima pemberitahuan tentang tulisan baru melalui surat elektronik.

Bergabunglah dengan 1.852 pengikut lainnya

About Me


About gue??
Hmm, gue sering dibilangin kuper lah, pendiam lah, culun lah..terserah apa kata orang..
Gue ya gini,.cowok melankolis apa adanya..gue selalu berusaha untuk mempelajari sesuatu & berbuat yang terbaik untuk siapa saja, kapan saja, dan dimana saja..asal bisa nyenengin..

%d blogger menyukai ini: