Google+

Beda daerah, Beda Pula Masakan Mie nya

2

14 September 2012 oleh fajrizufa

Mie Celor Palembang

Mie Celor Palembang

Tidak salah jika kita menyebut mie sebagai makanan khas Indonesia. Setiap daerah mempunyai macam-macam masakan mie. Meski bahan utamanya sama, namun bumbu dan lauk yang digunakan berbeda-beda, sesuai dengan makanan khas tiap daerah. Yuk melihat apa saja jenis mie yang membentang dari Sabang sampai Merauke plus keunikan tiap mie!

1. Mie Aceh
Seperti makanan dari daerah Melayu, Mie Aceh banyak menggunakan rempah dan cabai. Mie Hokkien yang digunakan, dicampur dengan kuah mirip bumbu rendang, menjadikan sajian mie berkuah kental kemerahan.

2. Mie Palembang
Mie khas daerah Sumatera Selatan dinamai mie celor, yaitu mie yang dicelor (diaduk) dengan taoge, plus saus campuran udang dan kelapa dan disajikan dengan telur, udang, serta bawang.

3. Mie Bangka
Keistimewaan mie Bangka adalah penggunaan banyak toge, dan tahu kok, sejenis baso tahu khas daerah Bangka. Hampir mirip dengan Mie Bangka adalah Mie Belitung. Namun Mie Belitung menggunakan udang daripada irisan daging ikan.

4. Mie Jawa
Mie Jawa adalah mie telur yang direbus dengan kuah kaldu ayam, dicampur dengan kol dan telur. Bentuk lain dari mie Jawa kuah adalah mie Jawa goreng, dimana mie akan ditumis dengan bawang putih dan bumbu lain sebelum disiram kuah kaldu.

5. Mie Jakarta
Mie Jakarta lebih sering dikenal sebagai mie juhi. Seperti namanya, mie telur yang telah direbus disajikan dengan potongan juhi, kol, risol, tomat serta disiram kuah.

6. Mie Cakalang
Manado terkenal dengan makanan hasil lautnya. Tak heran menu mie dari daerah ini pun punya ciri khas sajian ikannya, yaitu ikan cakalang. Hidangan mie yang telah dimasak dengan tuna akan disajikan dengan kuah dan dibubuhi abon cakalang. Jangan lupa, agar rasanya semakin ‘Manado’, mie dimakan dengan sambel super pedas, yaitu lombok hijau yang dicampur dengan cuka, air dan garam.

7. Mie Kering Makasar
Meski disebut mie kering, hidangan dari Makassar ini tetap disajikan dengan kuah. Resep mie kering terinspirasi menu I Fu Mie ala Tionghoa, dimana mie kecil akan dipanggang dulu hingga kering lalu disiram dengan kuah kental berisi sayuran dan daging.

Tentu saja masih banyak lagi jenis mie-mie lain dari seluruh nusantara yang belum didaftar disini. Mungkin Anda mau berbagi resep mie dari daerah Anda? Silahkan…

2 thoughts on “Beda daerah, Beda Pula Masakan Mie nya

  1. ianmarinoz mengatakan:

    mie celor is the best

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Masukkan alamat surat elektronik Anda untuk mengikuti blog ini dan menerima pemberitahuan tentang tulisan baru melalui surat elektronik.

Bergabunglah dengan 1.852 pengikut lainnya

About Me


About gue??
Hmm, gue sering dibilangin kuper lah, pendiam lah, culun lah..terserah apa kata orang..
Gue ya gini,.cowok melankolis apa adanya..gue selalu berusaha untuk mempelajari sesuatu & berbuat yang terbaik untuk siapa saja, kapan saja, dan dimana saja..asal bisa nyenengin..

%d blogger menyukai ini: