Google+

Stand Up Comedy, Gaya Baru Komedi Indonesia

Tinggalkan komentar

13 September 2012 oleh fajrizufa

Stand Up ComedyStand Up Comedy khususnya di Indonesia mulai merebak luas, stand up comedy sendiri mulai di gandrungi oleh remaja dan orang dewasa. Stand up comedy sendiri adalah komedi yang dilakukan oleh satu orang / sendirian di depan banyak orang. Dalam penampilannya pertunjukan stand up comedy tidaklah rumit, seorang comic (sebutan bagi stand up comedian) tetap bisa tampil walaupun menggunakan T-shirt dan celana pendek. Akan tetapi seorang comic memiliki tekanan mental tersendiri, karena mereka harus bisa memberikan materi / lelucon yang membuat audeins benar-benar mengerti dan tertawa. Karena bila tidak mengerti atau bahkan tidak dianggap lucu, maka audiens tidak akan tertawa dan yang lebih parah mereka malah mencibir comic yang tampil.

Pentas stand up comedy yang melahirkan bintang-bintang baru itu hadir secara rutin di sejumlah televisi, dan di berbagai kafe. Tak hanya di Jakarta, tapi juga kota-kota lain seperti Bandung, Jogja, dan lain-lain. Akan tetapi banyak yang berfikir bahwa stand up comedy hanyalah trend sesaat, namun dilihat dari perkembangannya yang semakin ramai belakangan ini sejumlah masyarakat dan comic cukup yakin bahwa stand up comedy di Indonesia bukan lah sebuah trend.

Dan hingga saat ini telah bermunculan komunitas-komunitas stand up comedy, tak kurang dari 44 komunitas stand up comedy di Indonesia saat ini. Dan tak hanya di Jawa, di Kalimantan, Sumatera, dan Sulawesi pun ada. Untuk saat ini yang belum ada komunitas stand up tinggal Maluku dan Papua, dan tidak menutup kemungkinan disana akan muncul sebuah komunitas stand up.

Di Indonesia sendiri stand up comedy sebenarnya sudah ada sejak lama. Nama-nama comic yang terkenal saat dahulu adalah Butet Kertaradjasa dan Ramon Papana. Mereka telah lama berkecimbung di dunia stand up comedy di Indonesia, dan sampai saat ini pun mereka masih mengembangkan bakat stand up kepada orang-rang yang ingin mengasah bakat di dunia stand up comedy. Dan dari perkembangan terakhir, telah muncul nama-nama baru yang telah mensukseskan stand up comedy di Indonesia seperti Iwel, Pandji Pragiwaksono, Asep Suadji, Ryan Adriandhy serta Raditya Dika.

Dulu stand up comedy kurang mendapat respon yang besar dari masyarakat, mungkin di karenakan masyarakat lebih cenderung suka dengan “Slapstick Comedy” di bandingkan Stand up comedy. Namun sekarang stand up comedy hadir kembali untuk memberikan hiburan alternative di tengah maraknya hiburan komedi yang sebenarnya tak ada perubahan atau begitu-begitu saja. Dan patut ditunggu, apakah Stand Up Comedy ini bisa bertahan lama mengingat ketatnya persaingan di bidang ini. Semoga “komedi berdiri” ini akan selalu mendapatkan tempat dalam hati para penikmat tawa di Indonesia.

Tapi, siapa yang bisa menjamin bahwa munculnya para “pelawak berdiri” itu hanya tren sesaat? Melihat perkembangannya yang semakin marak belakangan ini, sejumlah comic (pelaku stand up comedy) cukup yakin bahwa pentas komedi tunggal bukanlah tren, tetapi gaya baru komedi.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Masukkan alamat surat elektronik Anda untuk mengikuti blog ini dan menerima pemberitahuan tentang tulisan baru melalui surat elektronik.

Bergabunglah dengan 1.852 pengikut lainnya

About Me


About gue??
Hmm, gue sering dibilangin kuper lah, pendiam lah, culun lah..terserah apa kata orang..
Gue ya gini,.cowok melankolis apa adanya..gue selalu berusaha untuk mempelajari sesuatu & berbuat yang terbaik untuk siapa saja, kapan saja, dan dimana saja..asal bisa nyenengin..

%d blogger menyukai ini: