Google+

Sule, Sang Raja Komedi Awali Karir dengan Berdagang

Tinggalkan komentar

26 September 2012 oleh fajrizufa

SuleSatu lagi pelawak yang lagi ngetop sekarang ini, bukan dari artis sinetron saja yang punya penggemar pelawak seperti sule pun punya banyak penggemar. Dibawah ini saya tampilkan biodata Sule,

Nama Lengkap : Entis Sutisna
Nama Panggilan : Sule
TTL : 15 November 1976
Profesi : komedian
Pendidikan Terakhir : SMKI, STSI Bandung
Hobi : Melawak, Menyanyi
Kemampuan : Menguasai berbagai alat musik tradisional

Sule ternyata sudah terbiasa naek panggung sejak kelas 3 SD, jadi untuk urusan panggung sudah tidak canggung lagi. Dari kecil pun sule sudah terbiasa untuk mencari uang sendiri. Sekarang ini ibaratnya sule sedang naik daun bayangkan dia begabung OVJ saja per-episodenya digaji 4 juta, tinggal dihitung saja ada berapa episode belum dengan acara-acara yang lainnya. Awal mulanya Sule ikut peruntungan di pemilihan pelawak yang pernah diadakan di TPI dan ternyata berhasil dia pun akhirnya sukses hingga sekarang ini.

Setahun setelah memenangkan pemilihan API, Sule kembali menjuarai superstar show dalam acara tersebut dia mendapatkan hadiah sebuah mobil. Dari situlah nama Sule mulai dikenal masyarakat dan juga produser hingga ia melenjit seperti sekarang ini dan akhirnya bergabung dengan OVJ hungga sekarang. Kehidupan Sule langsung benar-benar berubah.

Saat ini, siapa yang tak mengenal Sule. Komedi dan lawakannya berhasil membuat namanya dikenal seantero nusantara. Namun belum tentu semua orang tahu bagaimana perjuangan pemilik nama Sutisna ini hingga bisa menjadi terkenal seperti sekarang. Jauh sebelum menikmati kejayaannya, Sule harus membanting tulang bersama sang Ayah demi menyambung hidup. “Sebelum ke dunia seni saya mendalami dunia dagang. Ikut dagang sejak kelas 4 SD, ikut bantuin Bapak dagang jagung rebus dan permen karet, pokoknya apa saja yang bisa menghasilkan duit. Biasanya kita dagang di tempat hiburan, kayak panggung dangdut, jaipong, wayang, reog dan macem-macamlah. Dari situ dimasukin sanggar seni tari jaipongan,” papar Sule.

Sambil berdagang, Sule mulai menyadari darah seni dalam dirinya. Karena sering berjualan di sekitar panggung hiburan kampung, Ia sangat tertarik dengan semua kesenian tradisional. Tahun 1991 sampai 1993, Sule mulai mendalami seni tari Jaipong dengan bergabung kedalam Sekolah Menengah Karawitan Indonesia (SMKI). Dari situlah Sule memberanikan diri mengikuti audisi lawak ditahun 1994. Sayang, keberuntungan belum berpihak padanya, humor ala mahasiswa yang diikutinya tidak membuatnya berhasil. Sule malah gagal menjadi juara. Meski demikian, Ia berhasil mendapat tawaran untuk mengisi sebuah acara di televisi nasional sampai tahun 1998.

Setelah kontrak selesai, Sule kembali mendalami dunia lawak. Masih ditahun yang sama Ia bergabung dengan Lawak Kecapi Dangdut yang saat itu dikenal dengan sebutan Lapidut sampai tahun 2005. Dari situ pula Sule kembali mendapat kesempatan ikut audisi lawak untuk salah satu program televisi swasta. Sule yang terpisah dengan kawan-kawan lamanya pun kembali mencari kabar mereka hingga akhirnya berhasil memenangkan kontes lawak tersebut. Namun sayang, pasca memenangkan ajang lawak itu, Sule dan kedua temannya malah disibukkan dengan kegiatan masing-masing.

“Tapi sampai bisa seperti ini karena perjuangan saya sendiri. Intinya ingin membuktikan bahwa walaupun kita punya predikat apapun tapi kalau kita leha-leha tidak akan ada hasilnya,” kata pria asal Cimahi ini. Perjuangan dan kerja keras Sule mulai membuahkan hasil. Kini bersama istri dan ketiga anaknya, Ia dapat menikmati semua hal tersebut. “Bedanya sekarang sudah bisa beliin mobil bini. Sekarang bisa buka usaha buat bini. Sekarang tinggal mensyukuri apa yang sudah dikasih sama Allah,” ucapnya.

Sumber: http://1001artikel.blogdetik.com

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Masukkan alamat surat elektronik Anda untuk mengikuti blog ini dan menerima pemberitahuan tentang tulisan baru melalui surat elektronik.

Bergabunglah dengan 1.616 pengikut lainnya.

Box of Note

About Me


About gue??
Hmm, gue sering dibilangin kuper lah, pendiam lah, culun lah..terserah apa kata orang..
Gue ya gini,.cowok melankolis apa adanya..gue selalu berusaha untuk mempelajari sesuatu & berbuat yang terbaik untuk siapa saja, kapan saja, dan dimana saja..asal bisa nyenengin..

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 1.616 pengikut lainnya.

%d blogger menyukai ini: