Google+

Berdayakan Otak Kanan Kita Dong !!!

Tinggalkan komentar

19 September 2012 oleh fajrizufa

otakBukan maksud menganak tirikan atau menomor duakan otak kiri kita. Tetapi memang
Otak kanan sangat penting dan dirasakan kebutuhannya, khususnya bagi para pebisnis
atau entrepreneur. Kita semua tahu kan…bahwa ilmu manajemen yang ada lebih didasarkan dengan ilmu logika dan rasional tidak selamanya mampu mengatasi setiap persoalan bisnis.

Yang  jadi pertanyaan kita……“Mengapa kok harus otak kanan?!”
Begini lho….
Di otak kanan ini sarat akan hal-hal yang sifatnya eksperimental, divergen, bukan penilaian, metaforikal, subyektif, non verbal, intuitif, diffuse, holistik dan reseptif.

Sedangkan…di otak kiri cenderung bersifat obyektif, presisi, aktif, logikal, verbal, penilaian, linier, konvergen dan numerikal.

Jika kita mampu memberdayakan otak kanan, maka ada kecenderungan akan mampu menyelesaikan setiap masalah dalam bisnis bila dibandingkan kalau kita hanya mengandalkan otak kiri.

Dengan memberdayakan otak kanan kita mampu memecahkan permasalahan secara keseluruhan dan kemudian memecahkan berdasarkan firasat, dugaan ataupun intuisi.
Intuisi inilah yang mampu menerima atau menyadari informasi yang tidak dapat diterima oleh panca indera kita.

Memang ada yang mengkhawatirkan dengan intuisi ini. karena takut menghalangi pemikiran yang rasional. Justru intuisi ini bekerja berdasarkan pada pemikiran yang rasional. Tanpa hal ini, intuisi tidak akan berjalan.

Robert Bernstin mengatakan “Hanya intuisi yang dapat melindungi kita dari orang-orang yang paling berbahaya, orang-orang yang tidak mampu bekerja dan talk too much”

Entrepreneur yang mampu memberdayakan otak kanan akan menerapkan menajemen yang tidak kaku, luwes dan spontan. Lain dengan entrepreneur yang mengandalkan otak kiri cenderung menerapkan manajemen yang berstruktur, kaku, berhirarki dan menyelesaikan masalah satu persatu berdasarkan logika.

Kenyataan-kenyataan di atas pernah kita alami waktu kita bersekolah dulu yang selalu berpikir dengan otak kiri sesuai yang diajarkan oleh bapak ibu guru kita. Saat itu kita dituntut untuk berpikiran logis, analitis dan berdasarkan pemikiran edukatif.

Tapi Ingat…kita tidak dapat menggunakannya bila data tidak tersedia, tidak lengkap ataupun susah didapat.

Jika kita termasuk orang yang selalu mengandalkan otak kiri dan tidak berupaya memberdayakan otak kanan maka akan menimbulkan ketidakseimbangan. Hal ini menyebabkan kesehatan fisik dan mental kita akan semakin buruk…..seperti stress, putus asa depresi dll…..(ngeri banget..!!!)

Makanya…Optimalkan dong otak kanan kita selain otak kiri kita. Selain kita punya daya analitis kita juga akan lebih intuitif dalam menyelesaikan masalah yang muncul. Jika kita mampu memberdayakan kedua otak ini, maka kita cenderung seimbang dalam setiap aspek kehidupan termasuk aspek bisnis kita.

Bagaimana kalau di bisnis kita diharuskan memutuskan, memilih dari beberapa alternatif yang faktor-faktornya tidak diketahui?
kalau proses berpikir kita masih dominan ke otak kiri yang logis, linier dan rasional maka kita akan menyodorkan berpuluh-puluh pilihan.
Sebaliknya kalau berpikir kita dominan otak kanan yang acak, tidak teratur dan intuitif, kita yakin dan antusias akan memilih satu pilihan…dan berhasil.

Sekarang tinggal tergantung kita… mau cenderung ke otak kiri atau otak kanan?!

Bagaimana dengan anda..?!

Sumber: dedidahsyat.com

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Masukkan alamat surat elektronik Anda untuk mengikuti blog ini dan menerima pemberitahuan tentang tulisan baru melalui surat elektronik.

Bergabunglah dengan 1.616 pengikut lainnya.

Box of Note

About Me


About gue??
Hmm, gue sering dibilangin kuper lah, pendiam lah, culun lah..terserah apa kata orang..
Gue ya gini,.cowok melankolis apa adanya..gue selalu berusaha untuk mempelajari sesuatu & berbuat yang terbaik untuk siapa saja, kapan saja, dan dimana saja..asal bisa nyenengin..

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 1.616 pengikut lainnya.

%d blogger menyukai ini: